10 FAKTA TOP CHEETAH!


discovermagazine.com

Temui satu kucing yang sangat serius, cepat, dan buas dengan fakta-fakta cheetah yang menarik ini!

1) Hampir semua cheetah liar dapat ditemukan di Afrika sub-Sahara, tempat mereka berkeliaran, dataran padang rumput yang berumput, dan hutan terbuka. Populasi kecil tinggal di Iran timur laut, meskipun hanya beberapa lusin yang tersisa di sini.

2) Tubuh kucing besar ini tumbuh antara 1,1m dan 1,4m meter, ditambah ekor berukuran 65cm hingga 80cm. Berat badan mereka berkisar dari 34kg hingga 54kg, pria menjadi sedikit lebih berat.

3) Cheetah memiliki mantel kuning pucat dengan titik-titik hitam di bagian atas, dan berwarna putih di perutnya. Wajah mereka dibedakan oleh garis hitam menonjol yang melengkung dari sudut dalam setiap mata ke sudut luar mulut.

4) Hewan darat tercepat di dunia, seekor cheetah dapat mencapai 112km / jam hanya dalam tiga detik – itu lebih cepat daripada mobil sport yang dipercepat! Tubuhnya telah berevolusi untuk kecepatan, dengan kaki panjang, tulang belakang memanjang, cakar yang disesuaikan untuk mencengkeram tanah dan ekor panjang untuk keseimbangan.

5) Cheetah adalah karnivora dan hidup dari binatang lain yang mereka temukan di dataran Afrika, termasuk kelinci, babi hutan, springboks, rusa dan burung.

6) Hewan-hewan peliharaan sengit ini berburu pada siang hari untuk menghindari persaingan dari predator kuat lainnya seperti singa, hyena, dan macan tutul. Dan nak, bisakah mereka berburu! Pertama, mereka menggunakan penglihatan yang luar biasa untuk memindai lingkungan mereka sebelum diam-diam menguntit mangsa yang mereka pilih. Kemudian, ketika waktunya tepat, mereka berlari dari tempat perlindungan, merobohkan korban mereka dan membunuhnya dengan gigitan ke tenggorokan.

7) Karena berlari dengan kecepatan tinggi seperti itu menggunakan banyak energi, pengejaran cheetah biasanya terbatas pada 200-300 m, dan berlangsung kurang dari satu menit.

8) Hewan sosial, cheetah biasanya ditemukan dalam kelompok, yang terdiri dari ibu dan anak-anaknya, saudara kandung (yang tinggal bersama selama sekitar enam bulan setelah meninggalkan induknya) atau koalisi jantan yang hidup dan berburu bersama. Betina dewasa, bagaimanapun, cenderung menyendiri dan hanya bertemu dengan jantan untuk kawin.

9) Betina biasanya melahirkan antara dua hingga delapan anak sekaligus. Dia merawat anak-anaknya di sarang yang disembunyikan oleh vegetasi tinggi, sampai mereka berusia 16 hingga 24 bulan dan mampu menjaga diri mereka sendiri.

10) Sayangnya, hewan cantik ini terancam oleh hilangnya habitat dan mangsa, serta konflik dengan manusia. Akibatnya, cheetah diklasifikasikan sebagai Rentan pada daftar Merah IUCN, dan, hari ini, diperkirakan 9.000-12.000 tetap di Afrika.

Itulah 10 fakta top cheetah, kunjungi bukanarjuna.com untuk fakta-fakta top lainnya. Terimakasih.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>