27 Fakta Menarik Platipus


snopes.com

Fakta 1-6

1. Platipus adalah mamalia bertelur yang ditemukan secara eksklusif di Australia timur, termasuk Tasmania.
2. Platipus memiliki kombinasi fitur yang sangat unik: plakat memiliki kuku belakang, kaki depan berselaput, ekor yang menyerupai berang-berang, dan paruh, seperti bebek.
3. Platipus dan echidna adalah satu-satunya anggota dari cabang mamalia monotreme. Dua cabang lainnya adalah plasenta dan marsupial.
4. Ketika spesimen-spesimen platipus yang diawetkan pertama kali dikirim ke Eropa pada akhir 1700-an, para naturalis di sana mengira hewan itu palsu dan hanya dijahit bersama-sama dari hewan-hewan yang berbeda oleh seorang ahli taxidermist yang ahli.
5. Meskipun platypus betina bertelur alih-alih melahirkan hidup, begitu menetas muda, ia mengisapnya dengan susu yang dibuat di tubuhnya sendiri, seperti mamalia lain.
6. Platipus adalah salah satu dari dua keluarga mamalia yang bertelur alih-alih melahirkan anak mereka. Keluarga lainnya adalah keluarga echidna, juga hanya ditemukan di Australia.

Fakta 7-9

7. Meskipun nama umum untuk platipus adalah platipus yang ditagih bebek, tagihan platipus tidak benar-benar seperti adonan bebek — di mana adonan bebek itu keras, adonan platipus lunak dan lentur, memungkinkannya mencari makanan di bawah air.
8. Meskipun platypus memiliki gigi remaja yang rontok pada usia tertentu, seperti halnya manusia, gigi-gigi tersebut tidak diganti dengan lebih banyak gigi; sebaliknya, platipus menumbuhkan bantalan keratin sebagai pengganti gigi.
9. Platipus dewasa tidak memiliki gigi, jadi ketika ia menangkap mangsanya, ia menyimpannya di paruhnya, bersama dengan sedikit kerikil. Ia kemudian tenggelam dan menggunakan kerikil untuk menumbuk makanannya sampai cukup lentur untuk ditelan.

Fakta 10-14

10. Platipus adalah perenang yang sangat baik dan memiliki bulu tahan air.
11. Sementara sebagian besar mamalia akuatik lainnya menggunakan kaki belakangnya untuk berenang, platipus mendorong dirinya sendiri melalui air dengan mengayuh dengan dua anggota depannya.
12. Platipus dapat bertahan di bawah air selama 2 menit; sebelum menyelam, ia menutup lubang hidung pada paruh, yang tetap kedap air sampai platipus muncul.
13. Platipus jantan memiliki taji di atas kaki belakangnya yang dapat digunakan untuk menembus dan memasukkan racun ke dalam musuhnya. Manusia yang telah ditusuk melaporkan bahwa racun itu menyebabkan tangan dan lengan mereka membengkak dan rahang terkunci, disertai dengan rasa sakit hebat yang berlangsung selama berminggu-minggu.
14. Karena ancaman dipacu oleh platipus jantan, zookeeper dan peneliti umumnya mengambil platipus dengan ekornya, kecuali mereka yakin itu betina.

Fakta 15-22

15. Koin 20 sen di Australia memiliki gambar platipus di atasnya.
16. Platipus bayi menetas setelah 10 hari dan kemudian menyusu hingga empat bulan.
17. Sampai majalah National Geographic menerbitkan gambar platypus pada tahun 1939, sebagian besar dunia belum pernah mendengar tentang platypus.
18. Platipus kadang-kadang akan mengubur tagihannya menjadi lumpur dan kemudian menggoyangkannya untuk menarik mangsa.
19. Bayi-bayi platypus terlahir buta dan tanpa bulu kedap air mereka.
20. Platipus adalah hewan nokturnal.
21. Platipus adalah salah satu maskot untuk Olimpiade Musim Panas 2000 yang diadakan di Sydney, Australia.
22. Ada periode waktu ketika orang mengenakan bulu platipus, tetapi mode sekarang telah berlalu, dan platipus dilindungi dari perburuan oleh hukum.

Fakta 23-27

23. Salah satu nama panggilan untuk platipus adalah mol bebek karena menyerupai kedua spesies ini.
24. Hingga saat ini, fosil platipus tertua yang ditemukan berusia lebih dari 100.000 tahun.
25. Platipus berbeda dari mamalia lain dengan cara lain: platipus dapat mengirimkan impuls listrik untuk mencari mangsa di perairan dalam.
26. Ada banyak saraf ekstra besar di seluruh paruh platypus; saraf-saraf ini mengirimkan pesan ke wajah platipus dan membiarkannya merasakan respons terhadap impuls listriknya tanpa menggunakan penglihatan, suara, atau bau.
27. Platipus telah ditampilkan dalam beberapa acara kartun yang berbeda. Penampilannya yang paling populer adalah sebagai Perry the Platypus, dari acara Disney Channel, Phineas and Ferb, tetapi karakter-karakter platypus juga ditampilkan di Camp Lazlo dan Taz-Mania.

Demikianlah 27 fakta menarik platipus, ketahui fakta-fakta lain di bukanarjuna.com ya ya?

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>