Apa Itu Instrumen Perkusi?

Fungsi Perkusi

Bayangkan diri Anda di sebuah perayaan. Itu bisa berupa pernikahan, pesta ulang tahun, atau reuni keluarga. Ada band yang bermain di panggung kecil, dan para tamu berkelok-kelok di seluruh ruangan. Anda mendengar gitar, vokalis, dan mungkin alunan biola. Para tamu berbicara dan tertawa, tetapi tidak ada yang menari. Sekarang bayangkan adegan yang sama, tetapi bersama dengan gitar dan vokal, Anda mendengar detak yang mantap di latar belakang yang hampir mereplikasi detak jantung Anda. Ritme menggerakkan lagu, dan segera, Anda menemukan diri Anda mengetuk kaki. Anda berjalan untuk mendapatkan sepotong kue, dan Anda menyadari Anda berjalan dalam ritme. Para tamu tiba-tiba menari di depan panggung. Mereka tidak dapat menahannya, karena perkusi ritme drum merembes ke pikiran bawah sadar mereka dan menyebabkan mereka merasakan irama dan bereaksi terhadapnya.

Perkusi adalah detak jantung musik. Selain memberikan irama musik dan menjaga waktu, banyak instrumen perkusi juga menghasilkan nada, nada, dan suara melodi.

Instrumen

Sebuah instrumen perkusi didefinisikan sebagai alat musik (termasuk drum, gambang, dan marakas) terdengar oleh mencolok, gemetar, atau menggores. Instrumen perkusi terbuat dari berbagai bahan, seperti kayu, plastik, atau logam, dan semua bentuk dan ukurannya.

Sebagian besar waktu, ketika menyangkut instrumen perkusi, orang-orang langsung memikirkan drum. Tetapi ada banyak lagi jenis instrumen perkusi di dunia, yang berasal dari jauh dan luas. Shaker, stik, balok, lonceng, rebana, maracas, alat musik, dan xylophone adalah instrumen perkusi.

The cabasa (lihat foto) adalah instrumen perkusi sering digunakan dalam musik Latin yang terbuat dari rantai bola baja melilit silinder, dengan pegangan mencuat dari itu. Ini dimainkan dengan menekan telapak satu tangan ke rantai sambil memutar silinder dengan pegangan dengan tangan lainnya. Ini menghasilkan suara goresan logam.

Cabasa

Dua sendok yang dipegang dari belakang ke belakang dan dipukul di telapak tangan atau di kaki akan menghasilkan ritme. Bermain sendok sangat populer di tempat-tempat seperti Newfoundland, di mana lagu dan instrumen tradisional telah diturunkan dari generasi ke generasi.

Sendok Musikal

The cowbell hanya apa yang terdengar seperti. Ini berasal sebagai metode untuk melacak sapi, meskipun secara luas digunakan sebagai instrumen perkusi juga. Ada cowbell dengan genta di dalamnya dan beberapa tanpa. Cowbell tanpa genta dimainkan dengan memukulnya dengan pemukul atau stik drum. Mereka awalnya menjadi populer dengan komposer musik Alpine.

Cowbell

Bahkan segitiga adalah instrumen perkusi, dan segitiga datang dalam berbagai nada. Ini adalah instrumen minimalis yang dimainkan dengan memukul dengan pemukul; Namun, dapat dimainkan dalam komposisi yang kompleks dan sederhana. merupakan instrumen yang terdiri dari cangkang kosong atau silinder dengan drumhead yang direntangkan pada satu atau kedua ujungnya yang dipukul dengan tangan atau dengan beberapa alat (seperti tongkat atau sikat kawat). Beberapa drumhead terbuat dari kulit binatang, meskipun drum yang lebih modern dibuat dengan drumhead sintetis. Ada drum tangan, drum listrik, drum bass besar, dan drum bongo kecil. Pilihannya tidak terbatas!

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>