Sejarah dan perkembangan IOT

Karena IoT ini adalah teknologi canggih yang mampu mentransfer data melalui jaringan dengan interaksi sederhana, masa depan pengembangannya sangat menjanjikan.

Kehidupan manusia sehari-hari dapat dioptimalkan dan dipermudah dengan sensor cerdas dan perangkat pintar berbasis internet.

Awalnya, internet sendiri menjadi terkenal pada tahun 1989. Pada tahun 1990, seorang peneliti bernama John Romkey membuat perangkat yang kemudian diklasifikasikan sebagai halus. Perangkat ini adalah pemanggang yang dapat dinyalakan atau juga dimatikan melalui internet.

Pada tahun 1994 seseorang bernama Steve Mann menciptakan WearCam dan pada tahun 1997 Paul Saffo menjelaskan secara singkat penemuannya tentang teknologi sensor dan masa depannya. Baru pada tahun 1999 Kevin Ashton menciptakan konsep internet of things. Kevin ini adalah direktur Auto IDCentre dari MIT.

Pada tahun yang sama, yaitu 1999, sebuah mesin ditemukan di seluruh dunia yang didasarkan pada Radio Frequency Identification (RFID). Nah, penemuan ini adalah awal dari popularitas konsep IoT. Orang-orang, terutama para ahli teknologi, bersaing untuk mengembangkan teknologi sesuai dengan konsep IoT.

Selanjutnya, merek terkenal LG mengumumkan pada tahun 2000 rencana untuk membuat dan merilis teknologi IoT, kabinet cerdas. Lemari pakaian pintar ini dapat menentukan apakah ada stok makanan yang perlu diisi ulang di lemari.

Kemudian, pada tahun 2003, FRID tersebut mulai ditempatkan di posisi penting selama pengembangan teknologi di Amerika melalui program Savi. Pada tahun yang sama, perusahaan ritel raksasa Walmart mulai menyebarkan RFID di semua lokasi toko di berbagai belahan dunia.

IoT kembali terkenal pada tahun 2005, ketika media terkenal seperti The Guardian dan Boston Globe mulai mengutip banyak artikel ilmiah dan proses pengembangan IoT.

Hingga 2008, beberapa perusahaan setuju untuk meluncurkan IPSO untuk memasarkan penggunaan IP di jaringan “Smart Object”, yang juga dimaksudkan untuk mengaktifkan IoT itu sendiri.

bilabil

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>